JATI- Interna UI Juli 2009

Saturday, October 07, 2006

Club Foot : CTEV (Congenital Talipes Equinovarus)

Karena mau masuk ke Stase bedah, ini aq kasih artikel ttg Club foot, check this out :

Club Foot : CTEV (Congenital Talipes Equinovarus)



CTEV/ Club Foot adalah deformitas yang meliputi fleksi dari pergelangan kaki, inversi dari tungkai, adduksi dari kaki depan, dan rotasi media dari tibia (Priciples of Surgery, Schwartz). Talipes berasal dari kata talus (ankle) dan pes (foot), menunjukkan suatu kelainan pada kaki (foot) yang menyebabkan penderitanya berjalan pada ankle-nya. Sedang Equinovarus berasal dari kata equino (meng.kuda) + varus (bengkok ke arah dalam/medial). Jadi dapat disimpulkan ada Club Foot terjadi kelainan berupa :
Fore Foot Adduction (kaki depan mengalami adduksi dan supinasi)
Hind Foot Varus (tumit terinversi)
Equinus ankle (pergelangan kaki dalam keadaan equinus = dalam keadaan plantar fleksi)

EtiologiUnknown, ada hubunganya dengan :
• Persistence of fetal positioning
• Genetic
• Neuromuscular disorder

Insidensi
• Insidensi adalah sekitar 1 dari 1000 kelahiran
• Pria > Wanita, dengan 65% kasus terjadi pada pria
• Pada 30-40% kasus terjadi bilateral

Klasifikasi
1. Postural Club foot
2. Congenital Club foot :
• Simple
• Rigid → pada kasus yang rigid, perlu tindakan operasi.
3.Syndromic Club foot associated with :
@ Artrogryposis Multiplex Congenital atau amioplasia → suatu kelainan kongenital yang berkaitan dengan penggantian otot dengan jaringan fibrosa pada saat lahir, sehingga mengakibatkan hilangnya mobilitas sendi, dan berkaitan dengan deformitas seperti misalnya CHD, talipes equinovarus, dislokasi lutut.
@ Myelomeningocel. Pada kasus ini terjadi imbalance otot sehingga terjadi club foot tipe rigid.

Diagnosis
Kelainan ini mudah didiagnosis, dan biasanya terlihat nyata pada waktu lahir (early diagnosis after birth). Pada bayi yang normal dengan equinovarus postural, kaki dapat mengalami dorsifleksi dan eversi hingga jari-jari kaki menyentuh bagian depan tibia. “Passive manipulation dorsiflexion → Toe touching tibia → normal”.

Prognosis
Asalkan terapi dimulai sejak lahir, deformitas sebagian besar dapat diperbaiki; walupun demikian, keadaan ini sering tidak sembuh sempurna dan sering kambuh, terutama pada bayi dengan kelumpuhan otot yang nyata atau disertai penyakit neuromuskuler.

Treatment
Menurut penelitian yang dilakukan Ponseti, sekitar 90-95% kasus club foot bisa di-treatment dengan tindakan non-operatif. Treatment yang dapat dilakukan pada club foot dapat berupa :

1. Non-Operative : Serial Plastering (manipulasi pemasangan gibs serial yang diganti tiap minggu, selama 6-12 minggu). Setelah itu dialakukan koreksi dengan menggunakan sepatu khusus, sampai anak berumur 16 tahun.

2.Operative
Indikasi dilakukan operasi adalah sebagai berikut :
• Jika terapi dengan gibs gagal (If palstering fail)
• Pada kasus Rigid club foot pada umur 3-9 bulan
Operasi dilakaukan dengan melepasakan karingan lunak yang mengalami kontraktur maupun dengan osteotomy. Osteotomy biasanya dilakukan pada kasus club foot yang neglected/ tidak ditangani dengan tepat.
Kasus yang resisten paling baik dioperasi pada umur 8 minggu, tindakan ini dimulai dengan pemanjangan tendo Achiles ; kalau masih ada equinus, dilakuakan posterior release dengan memisahkan seluruh lebar kapsul pergelangan kaki posterior, dan kalau perlu, kapsul talokalkaneus. Varus kemudian diperbaiki dengan melakukan release talonavikularis medial dan pemanjangan tendon tibialis posterior.(Ini Menurut BuKu Appley).
Pada umur > 5 tahun dilakukan bone procedure osteotomy. Diatas umur 10 tahun atau kalau tulang kaki sudah mature, dilakukan tindakan artrodesis triple yang terdiri atas reseksi dan koreksi letak pada tiga persendian, yaitu : art. talokalkaneus, art. talonavikularis, dan art. kalkaneokuboid.

9 Comments:

  • jati, aku wis entuk kasus iki, CTEV, ditangani karo prof Armis, pas di plastering aku melu...

    bayi N umur 9 bulan, datang ke RSS dengan keluhan (ibune sing mengeluh) kakinya persis ky yg di foto itu...

    tipenya kaki kanan tipe rigid kaki kiri ora rigid..
    sementara ini diplester dulu..

    By Anonymous jati satunya, at 1:46 PM  

  • anak saya mengalami hal tersebut pada kaki kiri, stelah saya baca di artikel saudara apakah proses penyembuhannya sampai usia 16 tahun, anak saya sekarang sudah melakukan gips sebanyak 6 kali dan rencananya ad operasi kecil, mohon tanggapannya ?

    salam
    johnmalik@telkom.net

    By Anonymous Anonymous, at 8:11 AM  

  • pada anak CTEV, fisioterapi perannya di mana y? trus pada saat kapan?

    By Anonymous Anonymous, at 12:56 PM  

  • mas klo bleh minta refrensinya dong...

    By Blogger ilmu kesehatan anak, at 2:19 PM  

  • anak saya skrg umurnya sdh b bln,kasus anak saya sama sprt gambar diatas, dr mulau umur 3 hari sdh digibs sebanyak 8 kali,stlh itu disarankan memakai sepatu khusus. tp krn anaknya sdh lincah,aktif kadang sepatu dan besi yg dianjurkan dokter suka jarang dipakai? apakah akan berakibat fatal jika sepatu atau besinya sdh jarang dgunakan lagi?

    mohon infonya segera...makasih

    By Anonymous Anonymous, at 5:54 PM  

  • Untuk penanganan kasus seperti ini yang bagus di rumah sakit mana ya?dan dengan dokter siapa,dimohon dengan sangat informasinya, mohon email ke beni_dhianarto@yahoo.co.id atau mohon sms atau kontak saya di 087878708786, terima kasih sebelumnya

    By Blogger Aditya, at 9:49 PM  

  • Untuk penanganan kasus CTEV seperti ini yang bagusnya di rumah sakit mana dan dengan dokter siapa,dimohon dengan sangat informasinya, mohon email ke wafu_wy@yahoo.com atau mohon sms atau kontak saya di 082132194630, terima kasih!

    By Anonymous Anonymous, at 10:52 AM  

  • @anonymous biasanya penanganan pada kasus anak itu sampe akhir pertumbuhan atau sampai usia 20an karena kalo setelah baik di lepas kemungkinan saat dewasa bisa kembali seperti semula,sebaiknya konsultasi lagi sam dokter

    By Anonymous Anonymous, at 4:20 PM  

  • ya allah... Kaki Ku Dah 17 Tahun Mengalami cLubfoot/CTEV...
    Kaki ku Persis seperti di gambar...
    apakah di usia ku yang lumayan tua ini bisa sembuh?
    aku ingin kaki ku Normal... Tolong...
    Apa yang harus aku lakukan...
    jika di operasi. di Rumah sakit manakah?
    AKU MINTA PERTOLONGAN KALIAN....

    By Blogger Nanang Rastafara, at 10:41 PM  

Post a Comment



<< Home